Mana yang Benar? Bot atau Robot? Berikut Penjelasannya

By. Teguh - 26 Jul 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara - Bot dan Robot memiliki makna yang sama. Bot merupakan singkatan dari “robot” dan dapat diartikan sebagai suatu sistem yang melakukan tugas tertentu secara otomatis dan berulang-ulang. Karena robot bekerja secara otomatis, mereka dapat bekerja jauh lebih cepat daripada manusia. Selain itu, robot dapat beraksi kapan saja tanpa harus menunggu manusia mengoperasikannya secara manual. Bot biasanya bekerja dengan bantuan Internet dan dapat bekerja 24 jam sehari. Ada beberapa robot yang dapat mendukung pekerjaan manusia, seperti web crawler dan chatbot. Di saat yang sama, ada juga robot yang jahat dan digunakan untuk kejahatan, misalnya robot jahat.

 

Baca juga : Apa Saja Pekerjaan yang Dilakukan Seorang DevOps?

 

Kelebihan penggunaan Bot :

  1. Boots bisa berjalan 24 jam sehari.
  2. Dapat mengurangi beban kerja seseorang.
  3. Bot dapat mengurangi biaya bisnis.
  4. Dapat meningkatkan kualitas pelayanan.
  5. Bot dapat diintegrasikan pada berbagai platform.
  6. Dapat meningkatkan kepuasan pengguna jasa.

 

Baca juga : Yuk Berkenalan dengan Docker

 

Berikut ini adalah beberapa contoh Bot :

 

  • Perayap web (web crawler)
    Robot ini dikembangkan untuk mendukung pekerjaan manusia. Mesin pencari seperti Google biasanya menggunakan perayap untuk mengunduh dan mengindeks konten situs web. Perayap web bekerja dengan merayapi setiap situs yang dikirimkan ke Google dengan site map dan akan diindeks oleh google. Hasil pengindeksan digunakan untuk mencapai peringkat terbaik di halaman hasil pencarian atau SERP.
     
  • Chatbots
    Chatbot yang akan datang. Chatbots ini dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna secara langsung melalui suara atau mengetik. Misinya adalah menjadi asisten digital pribadi seperti Asisten Google dan layanan pelanggan.
     
  • Malicious bot
    Malicious bot dapat diartikan sedemikian rupa sehingga setiap tindakan bot bertentangan dengan aturan dan berbahaya bagi pengguna. Bot ini melakukan aktivitas ilegal seperti mencuri data dan mengambil alih akun pengguna. Bot adalah bot yang merugikan pengguna. Terkadang serangan ini bisa dilakukan dengan sengaja. Serangannya dapat berupa:
  1. Denial-of-Service (DoS) atau Distributed Denial-of-Service (DDoS)
  2. Click Fraud
  3. Spam
  4. Credential Stuffing
  5. Brute Force Password Cracking

 

Baca juga : Apa itu Artificial Intelligence (AI)? Penerapan AI dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Jadi bot adalah sistem yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu secara otomatis dan berulang. Bot juga memiliki kelebihan yang menguntungkan pengguna. Ada bot yang berguna, ada bot yang berbahaya. Selain itu, jika Anda ingin mengimplementasikan bot di perusahaan Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya bot membutuhkan perawatan rutin dan maintenance lainnya.

 

(sumber ilustrasi gambar : https://id.depositphotos.com/stock-photos/bot.html)








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp