Pernah Dengar Perangkat Keras Heatsink, Berikut Penjelasanya

By. Hanief Rahardyan - 27 Sep 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara.com – Teman-teman sekalian mungkin tidak asing terhadap perangkat keras yang terdapat pada komputer seperti Motherboard, Harddisk, ataupun RAM, karena memang perangkat keras yang saya sebutkan tadi merupakan perangkat umum yang sering disebut dan dicari untuk kebutuhan komputer atau laptop teman-teman.

 

Tapi tahukah bahwa perangkat keras juga masih banyak macamnya, seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu perangkat keras Heatsink. Mungkin cukup asing didengar ya, karena memang perangkat ini merupakan perangkat pasif ataupun pendukung pada komputer.

 

Baca Juga: Apa Itu Modem dan Bagaimana Cara Kerjanya? Penjelasan Singkat

 

Kalau begitu langsung saja kita bahas mengenai perangkat keras Heatsink, dan apa fungsinya bagi komputer.

 

Heatsink, dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai "radiator panas," adalah komponen yang digunakan untuk menghilangkan panas yang dihasilkan oleh komponen elektronik, khususnya dalam perangkat komputer, seperti CPU (Central Processing Unit) atau GPU (Graphics Processing Unit).

 

Fungsi utama heatsink adalah untuk menjaga suhu komponen-komponen ini tetap pada level yang aman dengan cara mengalirkan panas dari komponen tersebut ke lingkungan sekitarnya.

 

Baca Juga: Apa Itu Router dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Heatsink biasanya terbuat dari bahan yang baik dalam menghantarkan panas, seperti alumunium atau tembaga, yang memiliki kemampuan untuk menyerap panas dengan baik. Heatsink memiliki permukaan berpola, yang bisa berbentuk sirip-sirip, piringan, atau struktur-struktur lain yang memungkinkan area permukaan yang lebih besar untuk kontak dengan udara. Ini membantu dalam proses konduksi panas, di mana panas dari komponen yang panas diserap oleh heatsink dan kemudian dipindahkan ke udara sekitarnya.

 

Selain heatsink, pendingin berupa kipas (fan) juga sering digunakan dalam kombinasi dengan heatsink untuk mempercepat penghilangan panas. Kipas ini berfungsi untuk mengalirkan udara sejuk melalui heatsink, membantu menghilangkan panas dengan lebih efisien.

 

Baca Juga: Tahukah Kamu Apasaja 3 Komponen Pada Teknologi Komputer

 

Dalam dunia komputasi, heatsink dan kipas yang digunakan untuk mendinginkan CPU dan GPU sering disebut sebagai "CPU cooler" dan "GPU cooler." Semakin besar dan efisien heatsink dan kipas yang digunakan, semakin baik dalam menjaga suhu komponen-komponen ini tetap pada level yang aman, sehingga mengoptimalkan kinerja perangkat tersebut dan memperpanjang umur komponen-komponen tersebut.

 








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp