Yuk Berkenalan dengan Docker

By. Teguh - 13 Jul 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara - Docker adalah layanan yang memungkinkan aplikasi dikemas dan dijalankan di lingkungan terisolasi yang disebut wadah. Isolasi dan keamanan yang tepat memungkinkan Anda menjalankan beberapa kontainer secara bersamaan di server tertentu.

 

Docker diperkenalkan pada tahun 2013 oleh Solomon Hykes di acara PyCon. Beberapa bulan setelah Docker diluncurkan secara resmi, pada tahun 2014. Sejak saat itu, Docker menjadi sangat populer di kalangan developer asing, namun belum terlalu populer di Indonesia.

 

Baca juga : Pengenalan Webservice: Apa Itu Webservice dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Beberapa Fitur Docker :

  • Docker Engine
    Digunakan untuk membuat gambar dan wadah.
     
  • Docker Hub
    Selanjutnya adalah Docker Hub. Ini adalah registri yang berisi kumpulan gambar. Menggunakan ini Anda dapat mengumpulkan gambar. Hub ini berbeda dari Docker Engine karena hanya membuat gambar.
     
  • Docker Compose
    Merupakan salah satu fitur hebat yang dapat menjalankan banyak container atau sering disebut multi-container, yang sangat menghemat waktu.
     
  • Docker untuk Mac
    Memungkinkan pengguna Docker untuk menjalankan kontainer di sistem operasi Mac.
     
  • Docker untuk Linux
    Memungkinkan pengguna untuk menjalankan container di sistem operasi Linux.
     
  • Docker untuk Windows
    Memungkinkan pengguna untuk menjalankan kontainer di sistem operasi Windows.

 

Baca juga : Pemahaman Dasar tentang Wifi Card: Apa Itu dan Mengapa Penting untuk Koneksi Internet Anda

 

Saat digunakan, Docker memiliki banyak kelebihan atau kelebihan yang membuatnya populer di kalangan developer. Docker memiliki konfigurasi yang cukup sederhana dan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang sedang Anda kembangkan. Hanya dengan menentukan kode, itu akan membuat lingkungannya sendiri berbeda dari lingkungan server utama.


Docker juga memiliki tingkat keamanan yang baik. Ini akan memastikan bahwa aplikasi yang berjalan tidak dapat memengaruhi wadah. Selain itu, ia juga memiliki fitur keamanan lain seperti konfigurasi yang me-mount OS host dengan akses read-only sehingga tidak mengubah konfigurasi apa pun kecuali seseorang memiliki akses penuh.

 

Baca juga : Mau Tau Perbedaan Kabel VGA dan HDMI? Simak Penjelasan Berikut Ini

 

Salah satu alasan Docker sangat diminati oleh banyak bisnis adalah karena Docker dapat berjalan di banyak platform cloud. Dengan cara ini, pengguna akan memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam berpindah aplikasi.

 

(sumber ilustrasi gambar : https://agustinducca.com/blog/como-crear-un-proyecto-de-laravel-6-en-docker/)








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp