Apa Saja Pekerjaan yang Dilakukan Seorang DevOps?

By. Teguh - 19 Jul 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara - Istilah "DevOps" pertama kali diperkenalkan oleh Patrick Debois (pakar DevOps) pada tahun 2009, yang menandai titik balik dalam perkembangan budaya TI. DevOps adalah kombinasi dari dua kata "pengembangan" dan "operasi". Secara umum, pengertian DevOps dapat dipahami sebagai menggambarkan aktivitas tim yang bekerja sama selama proses produksi perangkat lunak dari tahap perencanaan hingga pengembangan. Dapat juga dijelaskan bahwa DevOps adalah kombinasi alat dan filosofi yang meningkatkan kemampuan tim untuk memberikan hasil secara efektif.

 

Baca juga : Yuk Berkenalan dengan Docker

 

Pengembang DevOps biasanya menggunakan manajemen infrastruktur tradisional dan proses pengembangan perangkat lunak. Dalam hal pengembangan perangkat lunak, DevOps cenderung mengikuti pendekatan yang gesit. Karena agile development adalah bagian penting dari DevOps dan berdampak besar pada kemunculannya. Oleh karena itu, jarang dan disarankan untuk berlatih Agile tanpa DevOps, meskipun mungkin tetapi sama sekali tidak efektif.

 

Definisi DevOps

 

DevOps adalah seorang profesional TI dengan pengetahuan luas dan mendalam tentang siklus hidup pengembangan perangkat lunak atau siklus hidup pengembang sistem, termasuk pengkodean, manajemen infrastruktur, dan administrasi sistem. Selain itu, seorang DevOps harus memiliki keterampilan interpersonal untuk menciptakan lingkungan yang kolaboratif.

 

Seorang DevOps memiliki pemahaman yang kuat tentang keseluruhan arsitektur sistem, penyebaran, dan tata kelola, tetapi juga harus memiliki pengalaman dengan alat dan praktik pengembang tradisional seperti kontrol sumber, memberi dan menerima ulasan kode, menulis pengujian unit, dan prinsip tangkas. Tugas dan tanggung jawab seorang DevOps diharapkan terbiasa dengan berbagai alat otomasi yang mungkin diperlukan untuk otomasi proses dan pengujian.

 

Baca juga : Pengenalan Webservice: Apa Itu Webservice dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Tugas DevOps

 

Peran dan tanggung jawab rekayasa DevOps adalah kombinasi dari peran teknis dan manajemen. Sangat penting bagi para DevOps untuk memiliki keterampilan komunikasi dan koordinasi yang baik agar berhasil dan secara terkoordinasi mengintegrasikan berbagai fungsi dan bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan. Selain itu, tugas seorang DevOps beragam, karena mereka harus cukup terampil untuk menyelesaikan operasi desain dan kontrol pada saat yang bersamaan.

 

Ini adalah beberapa jobdesk seorang DevOps:

  1. Memahami persyaratan pelanggan dan proyek
  2. Menyediakan berbagai pengembangan, pengujian, alat otomasi, dan infrastruktur TI
  3. Dapat memecahkan masalah IT menggunakan Puppet atau Chef atau alat konfigurasi manajemen lainnya.
  4. DevOps merencanakan struktur, operasi, dan keterlibatan tim dalam aktivitas manajemen proyek.
  5. Mengembangkan perangkat lunak dalam skala besar menggunakan Python, .NET, Java, dan JavaScript.
  6. Memiliki pengetahuan dan pengalaman dengan Cassandra, Elasticsearch dan MySQL serta Linux atau Unix.
  7. Menentukan dan mengelola proses pengembangan, pengujian, rilis, pemutakhiran, dan dukungan untuk operasi DevOps.
  8. Anda memiliki keterampilan teknis untuk meninjau, memverifikasi, dan memvalidasi kode perangkat lunak yang dikembangkan dalam proyek dan memberikan detail untuk tim pengembangan.
  9. Pengetahuan tentang teknik pemecahan masalah, pemutakhiran, dan debugging menggunakan cloud (AWS, Azure, GCP).
  10. Memantau kepatuhan proses sepanjang siklus hidupnya dan perbarui atau buat proses baru untuk meningkatkan dan meminimalkan pemborosan.
  11. Mengidentifikasi dan menerapkan langkah-langkah keamanan terhadap kejahatan dunia maya dengan terus melakukan penilaian kerentanan dan manajemen risiko.
  12. Memilih dan menerapkan alat dan kerangka kerja otomatis yang sesuai (saluran CI/CD).
  13. Tingkatkan, kembangkan dan bangun integrasi berkelanjutan dan kembangkan pipeline berkelanjutan dengan pipeline CI/CD.
  14. Mengembangkan prototipe dan terapkan integrasi perangkat lunak berdasarkan umpan balik pengguna.

 

Baca juga : Keuntungan Menggunakan VPS: Mengenal Lebih Dalam Layanan Virtual Private Server

 

Kesimpulan

 

DevOps dapat dipahami sebagai menggambarkan aktivitas tim yang bekerja sama selama proses produksi perangkat lunak dari tahap perencanaan hingga  pengembangan. Dapat juga dijelaskan  bahwa DevOps adalah kombinasi alat dan filosofi yang meningkatkan kemampuan tim untuk memberikan hasil secara efektif. Pengembang DevOps biasanya menggunakan manajemen infrastruktur tradisional dan proses pengembangan perangkat lunak.

 

Baca juga : Pernah Mendengar Mengenai Nginx? Berikut Penjelasanya

 

Sangat penting bagi para DevOps  untuk memiliki keterampilan komunikasi dan koordinasi yang baik agar berhasil dan secara terkoordinasi mengintegrasikan berbagai fungsi dan bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan. Selain itu, tugas seorang DevOps beragam, karena mereka harus cukup terampil untuk menyelesaikan operasi desain dan kontrol pada saat yang bersamaan.

 

(sumber ilustrasi gambar : https://www.einfochips.com/blog/faqs-in-devops/)








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp