Bagaimana Cara Kerja Sistem Operasi Komputer?

By. Teguh - 05 Jun 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara - Sistem operasi komputer biasa disebut dengan singkatan OS (Operating System). OS merupakan sebuah sistem atau program yang digunakan untuk mejalankan dan mengatur tugas-tugas yang terdapat pada komputer yang berkaitan juga dengan perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware). OS akan menangani semua perangkat output dan input. Untuk dapat berinteraksi dengan perangkat keras, OS memakai sebuah driver perangkat keras.

 

Baca juga : Mau Membuat Game? Pakai Unity Aja

Sistem operasi memiliki fungsi sebagai controller suatu proses yang sedang berjalan atau berlangsung, mengalokasikannya ke CPU yang berbeda (diantara CPU), dan mengatur memori internal di dalam sistem untuk dialokasikan pada proses yang sedang berjalan atau berlangsung.

 

Cara Kerja Sistem Operasi

  1. Saat komputer dihidupkan, komputer akan memberi sinyal kepada OS yang terdapat di harddisk melalui RAM.
     
  2. Selanjutnya konfigurasi dengan perangkat keras yang terhubung dengan komputer. Bagian dari sistem operasi yang bertugas sebagai penghubung dengan hardware disebut dengan "Kernel".

    Baca juga : Apa Saja Jaringan Komputer? Jenis-jenis Jaringan Komputer
     
  3. Lalu komputer akan menyala dan melakukan konfigurasi terhadap perangkat lunak. Bagian dari sistem operasi yang berperan dalam menghubungkan antarmuka perangkat lunak atau aplikasi dengan pengguna (user) disebut dengan "Shell". Ada 2 jenis dari shell yang terdapat dalam komputer, yaitu:
  • Command Line atau disingkat CLI, merupakan shell yang digunakan dengan perintah berbentuk teks. Dengan menggunakan CLI dapat mempercepat akses pengoperasian komputer.
  • Graphical User Interface atau disingkat  GUI, merupakan shell yang digunakan sudah berbentuk grafis. GUI mempermudah pengguna atau user dalam mengoperasikan suatu komputer.

Baca juga : Tombol Shortcut Windows yang Wajib Kamu Ketahui

 

Saat ini sudah terdapat banyak sistem operasi di dunia teknologi, contohnya yang paling populer digunakan adalah Windows, Mac OS, dan Linux.

 

(sumber ilustrasi gambar : https://www.liputan6.com/hot/read/4727502/pengertian-software-komputer-jenis-dan-fungsinya-yang-penting-diketahui) 








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp