Apa Saja Jaringan Komputer? Jenis-jenis Jaringan Komputer

By. Teguh - 19 May 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara - Jaringan komputer merupakan sebuah media yang mampu menghubungkan beberapa komputer untuk berbagi sumber data. Jaringan komputer yang banyak digunakan sekarang yaitu jaringan internet. Jaringan internet berguna untuk mentransmisikan data lewat saluran berbasis internet.

 

Modernisasi dan perkembangan teknologi yang pesat meningkatkan peran penting dari jaringan komputer. Jaringan komputer digunakan untuk menunjang berbagai tugas dalam kehidupan sehari-hari masyarakat modern.

 

Baca juga : Pentingnya Power Supply untuk Komputer

 

Jenis-Jenis Jaringan Komputer :

  1. LAN (Local Area Network)
    Tipe jaringan komputer LAN adalah salah satu jenis yang sering digunakan. Tipe jaringan LAN sering digunakan di beberapa tempat umum seperti kantor atau sekolah. Jaringan komputer LAN dapat berubah menjadi WLAN atau Wireless Local Area Network. Hal ini dapat terjadi apabila di dalam sebuah rumah atau sekolah memperoleh jaringan secara nirkabel atau WiFi, dengan begitu proses transmisi data berganti dengan teknologi nirkabel.
     
  2. PAN (Personal Area Network)
    Jaringan komputer PAN atau personal area network sering digunakan pada perkantoran atau rumah pribadi. Area jangkauan dari jaringan ini lebih eksklusif dan hanya untuk kebutuhan standar. Jenis jaringan PAN sangat efektif untuk beberapa gedung perkantoran karena pihak yang bisa mengakses terbatas. Contohnya khusus untuk para staff atau karyawan di dalam kantor saja. Hal ini membuat penggunaannya hanya untuk tugas pekerjaan sehari-hari atau aktivitas standar saja.
     
  3. MAN (Metropolitan Area Network)
    Jaringan komputer MAN memiliki area jangkauan jaringan yang lebih luas daripada LAN dan PAN. Biasanya orang menggunakan jaringan MAN untuk menghubungkan komputer satu dan lainnya dalam area kota.

    Baca juga : Sejarah Keyboard : Mengapa QWERTY?
     
  4. CAN (Campus Area Network)
    Jaringan komputer CAN merupakan jenis jaringan komputer untuk area kampus atau universitas saja. Jaringan ini mampu membuat semua komputer terhubung yang berada di area kampus. Jaringan CAN digunakan untuk membagikan informasi secara eksklusif antara gedung satu dan lainnya yang berada pada jangkauan area kampus.
     
  5. VPN (Virtual Private Network)
    Jarinan komputer VPN merupakan jaringan yang bersifat pribadi. Penggunaannya biasanya untuk seseorang yang ingin mengakses sebuah website dengan jaringan pribadi. Umumnya, VPN bersifat sebagai alat yang orang gunakan untuk melindungi sebuah situs dari konten yang negatif dan sensitive.
     
  6. WAN (Wide Area Network)
    Jaringan komputer WAN merupakan pengembangan teknologi super canggih yang bisa menghubungkan komputer dengan jangkauan area yang sangat luas. Misalnya antara kota satu dengan kota lainnya.

    Baca juga : VGA Card Yang Semakin Berkembang
     
  7. Internet (Interconnected Network)
    Jaringan komputer internet merupakan jaringan dengan teknologi yang paling canggih dari jenis jaringan komputer lainnya. Internet dapat menghubungkan komputer dengan jangkauan di seluruh dunia. Internet menjadi sebuah platform komunikasi secara global. Kemampuannya bisa menghubungkan satu komputer ke komputer lain tanpa terbatas jarak.

 

(sumber ilustrasi gambar : https://blog.dimensidata.com/macam-jenis-jaringan-komputer-dan-pengertian-lengkapnya/)

 








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp