Peran Sound Card Sebagai Perangkat Komputer

By. Hanief Rahardyan - 21 Jun 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara.com - Output audio yang keluar dari komputer atau laptop, biasanya dikaitkan dengan perangkat speaker karena bertindak sebagai perangkat untuk mengeluarkan suara. Namun, speaker dapat mengeluarkan suara karena adanya komponen di dalam komputer bernama sound card, lalu apa itu sound card?


Sound card adalah sebuah perangkat keras yang terpasang di dalam komputer atau perangkat lainnya, yang bertugas menghasilkan dan mengelola suara. Sound card memiliki peran dan fungsi utama sebagai berikut:

 

Baca Juga: Pemahaman Dasar tentang Wifi Card: Apa Itu dan Mengapa Penting untuk Koneksi Internet Anda

 

1. Pemrosesan dan konversi suara

Sound card menerima sinyal suara analog dan mengubahnya menjadi sinyal digital yang dapat diproses oleh komputer. Kemudian, sound card mengubah kembali sinyal digital menjadi suara analog yang dapat diterima oleh speaker atau perangkat audio lainnya.

 

2. Peningkatan kualitas suara

Sound card yang lebih canggih sering dilengkapi dengan komponen dan fitur tambahan yang dapat meningkatkan kualitas suara. Hal ini termasuk pemrosesan suara yang lebih akurat, pemfilteran kebisingan, dan dukungan untuk surround sound.

 

3. Komunikasi suara sound card

juga memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi suara melalui perangkat komputer, seperti panggilan telepon internet (VoIP) atau konferensi video. Sound card menyediakan input mikrofon dan output suara yang diperlukan untuk komunikasi suara ini.

 

Baca Juga: Merawat Keyboard Komputer Agar Tetap Awet

 

4. Pemutaran dan perekaman audio

Sound card memungkinkan pemutaran audio melalui speaker atau perangkat audio lainnya. Selain itu, sound card juga memfasilitasi perekaman suara melalui mikrofon atau perangkat perekam audio lainnya.

 

5. Pengolahan audio

Sound card dapat dilengkapi dengan pemrosesan audio tambahan, seperti efek suara, equalizer, atau penguatan bass. Ini memungkinkan pengguna untuk mengubah karakteristik suara sesuai dengan preferensi mereka.

 

Baca Juga: Apakah Itu USB dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

 

Sound card umumnya terpasang pada motherboard komputer, namun ada juga jenis sound card eksternal yang dapat terhubung ke komputer melalui koneksi USB atau FireWire.

 

Secara keseluruhan, sound card memainkan peran penting dalam menghasilkan, mengelola, dan meningkatkan kualitas suara pada komputer atau perangkat lainnya.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp