Sejarah Keyboard : Mengapa QWERTY?

By. Teguh - 02 May 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara - Keyboard, papan ketik, atau papan tombol merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan perintah ke dalam komputer. Keyboard yang paling populer digunakan saat ini adalah keyboard QWERTY.

 

QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard. Tata letak QWERTY, pertama kali digunakan pada sebuah mesin ketik buatan E. Remington pada tahun 1874. Dinamakan demikian karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y yang tersususn secara berurutan.

 

Baca juga : Jenis-jenis Monitor Komputer

Tata letak tombol QWERTY dirancang dan dibuat pada awal 1870-an oleh Christopher Latham Sholes, seorang editor dan pencetak surat kabar yang tinggal di Kenosha, Wisconsin. Pada Oktober 1867, Sholes mengajukan aplikasi paten untuk mesin tulis awalnya yang ia kembangkan dengan bantuan temannya yaitu Carlos Glidden dan Samuel W. Soulé.

 

Model pertama yang dibangun oleh Sholes dan temannya menggunakan papan tombol seperti piano dengan dua baris karakter yang disusun berdasarkan abjad seperti di bawah ini:

 

- 3 5 7 9 N O P Q R S T U V W X Y Z
2 4 6 8 . A B C D E F G H I J K L M

 

Baca juga : Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Client-Side dan Server-Side Sebelum Membangun Aplikasi Web Anda

Sholes berjuang selama lima tahun ke depan untuk menyempurnakan penemuannya, membuat banyak pengaturan, percobaan, dan pengaturan kunci alfabet mesin asli. Pada November 1868 mereka mengubah susunan bagian terakhir dari alfabet, O ke Z, dari kanan ke kiri. Pada April 1870, mereka mengubah mengembangkan susunan tombol keyboard menjadi empat baris, huruf besar mendekati standar QWERTY modern, memindahkan enam huruf vokal, A, E, I, O, U, dan Y, ke baris atas seperti di bawah ini:

 

2 3 4 5 6 7 8 9 -
A E I . ? Y U O ,
B C D F G H J K L M
Z X W V T S R Q P N

 

Pada tahun 1873, pendukung Sholes, James Densmore, berhasil menjual hak-hak manufaktur untuk Sholes & Glidden Type-Writer kepada E. Remington and Sons. Tata letak tombol keyboard diselesaikan dalam beberapa bulan oleh mekanik Remington dan akhirnya disusun seperti di bawah ini:

 

2 3 4 5 6 7 8 9 - ,
Q W E . T Y I U O P
Z S D F G H J K L M
A X & C V B N ? ; R

 

Baca juga : Apa Itu Processor Komputer dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah mereka membeli perangkat, Remington membuat beberapa penyesuaian, menciptakan keyboard dengan tata letak QWERTY modern. Penyesuaian ini termasuk menempatkan kunci "R" di tempat yang sebelumnya dialokasikan untuk tombol periode. Sisa-sisa tata letak alfabetis asli tetap berada dalam "baris rumah" DFGHJKL. Tata letak modern seperti di bawah ini:

 

1 2 3 4 5 6 7 8 9 0 - =
Q W E R T Y U I O P [ ] \
A S D F G H J K L ; '
Z X C V B N M , . /

 

Tata letak QWERTY menjadi populer dengan keberhasilan Remington No.2 tahun 1878, dimana tercipta mesin tik pertama yang menyertakan huruf besar dan kecil, menggunakan tombol shift.

 

(sumber gambar ilustrasi: https://www.technosaq.com/2023/01/mengenal-pengertian-keyboard-qwerty.html)








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp