Adware: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengatasinya

By. Danan - 13 Feb 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara.com - Adware merupakan kata dari bahasa inggris yaitu ad yang berarti iklan dan ware berarti perangkat. Pada dasarnya adware adalah suatu program iklan yang difungsikan untuk menguntungkan semua pihak namun belakangan ini adware lebih diartikan sebagai penyedia dan sumber utama dari malware atau perangkat lunak berbahaya.

Maksud dari berbahaya disini adalah perangkat tersebut sangat riskan terinfeksi adanya virus. Tetapi pada umumnya adware hanya mengganggu pengguna dengan memaksakan untuk menampilkan serta menggunakan iklan yang diberikan yang tidak dapat diakses. Agar dapat menggunakan fitur tersebut pengguna membutuhkan serial number atau lisensi hak cipta dari aplikasi tersebut dengan begitu pengguna dapat mengakses beberapa fitur yang terkunci sebelumnya.  

Baca juga: Spyware: Pengertian, Ciri, dan Cara Mengatasinya

Lalu apasih manfaat dari adware ini?  

Adware sendiri memiliki manfaat  yaitu penyalur informasi yang mungkin dibutuhkan oleh seorang pengguna dengan menyajikan iklan yang relevan, sementara pengiklan mendapatkan keuntungan dari pengguna dengan menggunakan produk mereka. sementara penyalur iklan mendapatkan keuntungan dari hasil menampilkan iklan kepada pengguna.

Contoh software yang termasuk dalam kategori adware yang paling dikenal adalah software linux.       

Baca juga: Apa itu LINUX? Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Ada beberapa cara untuk mengatasi adware pada perangkat pengguna diantaranya :    

1. Menggunakan antivirus terpercaya

Antivirus cukup ampuh untuk menangani Adware, sekalipun Anti Virus tidak menganggap Adware sebagai sebuah Virus yang berbahaya tetapi dengan menggunakan antivirus akan lebih aman karena jika terjadi penginstalan program yang tidak disadari penginstalannya akan langsung dihapus dan digagalkan oleh Antivirus

2. Lebih teliti dan berhati - hati

Point yang ini berasal dari dalam diri penguna yaitu dengan lebih teliti saat melakukan penginstalan suatu program harus dibaca dengan teliti dan membedakan yang mana iklan dan yang mana konten.   

3. Hapus adware

Perikasa aplikasi yang terinstal di computer, biasanya adware menyalurkan iklan saat perangkat terhubung ke Internet. Dengan mendeteksi aplikasi yang menggunakan akses internet tetapi tidak begitu berguna maka program tersebut bisa dicurigai sebagai sumber Adware.

Baca juga: Pengertian Windows: Sejarah dan Fungsinya



    Tags :





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp