Berkenalan dengan Codeigniter

By. Syaiful Wahyu - 16 Dec 2022

Bagikan:
img

Pernahkah mendengar tentang Codeigniter, bagi teman-teman yang berkecimpung didunia programmer khususnya di bagian pengembangan web pasti sudah tidak asing bukan. Ya, Codeigniter adalah framework web untuk bahasa pemrograman berbasis PHP.

 

Pendiri EllisLab yaitu Rick Ellis adalah pembuat dari framework Codeigniter yang dibuatnya pada tahun 2006. Namun, sejak tahun 2014 sampai sekarang, EllisLab telah menyerahkan hak kepemilikan Codeigniter ke British Columbia Institute of Technology (BCIT) untuk proses pengembangan lebih lanjut.

 

Saat ini situs web resmi Codeigniter telah berubah dari www.ellislab.com ke www.codeigniter.com.

 

Codeigniter memiliki banyak fitur yang membantu para pengembang PHP untuk dapat membuat aplikasi web secara mudah dan cepat. Dibandingkan dengan framework PHP lainya, harus diakui bahwa Codeigniter memiliki desain yang lebih sederhana dan bersifat fleksibel.

 

Codeigniter mengizinkan para pengembang untuk menggunakan framework secara parsial maupun keseluruhan. Ini berarti bahwa Codeigniter masih memberi kebebasan kepada pengembang untuk menulis bagian-bagian kode tertentu didalam aplikasi menggunakan konvensional (tanpa framework).

 



    Tags :





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp