Perbedaan Utility Software dan Program Aplikasi

By. Novian - 12 Sep 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara.com - Perangkat lunak atau software adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras komputer.

Secara umum, perangkat lunak dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman, dan Perangkat Lunak Aplikasi.

Perangkat lunak aplikasi (application software) merupakan suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung, guna memenuhi kebutuhan pengguna.

Baca juga: Jenis-Jenis Utility Software, Simak Yuk

Sedangkan, Program Utility atau Program Layanan adalah perangkat lunak komputer yang dirancang khusus untuk membantu mengelola dan menyesuaikan perangkat keras komputer.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara Utility Software dan Program Aplikasi adalah:

Baca juga: Fungsi Utility Software yang Harus Kamu Tahu

1. Utility Software atau Program Layanan adalah perangkat lunak komputer yang dirancang khusus untuk membantu mengelola dan menyesuaikan perangkat keras komputer, sedangkan Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang memiliki spesifikasi kegunaan khusus untuk memenuhi kebutuhan tertentu pengguna.

2. Utility Software digunakan untuk mengelola dan menyesuaikan perangkat keras komputer, sedangkan Program Aplikasi digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

3. Contoh Utility Software antara lain antivirus, defragmenter, dan backup software, sedangkan contoh Program Aplikasi antara lain Microsoft Word, Excel, dan Photoshop.

Baca juga: Memahami Konsep dan Penerapan Machine Learning








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp