Optical Drive (CD/DVD) Yang Semakin Ditinggalkan Pada Laptop Terbaru

By. Hanief Rahardyan - 28 Jul 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara.com – Jika kalian membeli laptop baru untuk model sekarang, kebanyakan penerapan optical drive atau drive CD/DVD pada laptop sudah jarang ditemui. Jadi pernyataan bahwa optical drive pada laptop semakin ditinggalkan bisa jadi adalah benar.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi, tren desain laptop, dan pergeseran preferensi pengguna, optical drive (CD/DVD drive) telah menjadi fitur yang semakin jarang ditemukan pada laptop modern.

 

Beberapa alasan mengapa optical drive semakin jarang ditemukan pada laptop adalah sebagai berikut:

 

Baca Juga: Tips Buat Kamu Sebelum Membeli Harddisk

 

A. Peningkatan penyimpanan digital

Saat ini, lebih banyak data dan file disimpan secara digital menggunakan media seperti flash drive, hard drive eksternal, atau penyimpanan cloud. Karena kapasitas penyimpanan digital semakin besar dan lebih praktis, kebutuhan untuk menggunakan CD atau DVD sebagai media penyimpanan utama semakin berkurang.

 

B. Kemajuan teknologi

Penggunaan CD/DVD perlahan-lahan digantikan oleh opsi transfer data yang lebih cepat dan mudah, seperti USB 3.0, USB-C, dan teknologi nirkabel seperti Bluetooth dan Wi-Fi Direct. Perangkat ini memungkinkan transfer data yang lebih cepat dan tanpa kabel, sehingga membuat optical drive kurang relevan.

 

C. Desain laptop yang lebih ringkas

Laptop semakin tipis dan ringan untuk kenyamanan portabilitas. Dengan menghilangkan optical drive, produsen dapat merancang laptop dengan profil lebih ramping tanpa harus mengorbankan fitur kinerja lainnya.

 

Baca Juga: Performa Unggul: Keunggulan Prosesor ARM untuk Komputer yang Perlu Anda Ketahui

 

D. Fokus pada mobilitas

Banyak laptop modern didesain dengan fokus pada mobilitas dan daya tahan baterai. Menghapus optical drive membantu mengurangi konsumsi daya dan meningkatkan masa pakai baterai.

 

E. Sumber daya dan biaya

Menghilangkan optical drive dari laptop membantu mengurangi biaya produksi, dan produsen dapat menggunakan sumber daya tersebut untuk memperbaiki atau meningkatkan fitur lain yang lebih relevan untuk mayoritas pengguna.

 

Baca Juga: Merawat Keyboard Komputer Agar Tetap Awet

 

Meskipun optical drive semakin jarang ditemukan pada laptop baru, mereka tidak sepenuhnya ditinggalkan. Beberapa produsen masih menawarkan model laptop dengan opsi optical drive, terutama pada laptop khusus yang ditujukan untuk tujuan tertentu seperti penggunaan profesional, studio kreatif, atau kebutuhan spesifik lainnya.

 

Jika Anda membutuhkan fitur optical drive, masih ada pilihan untuk membeli laptop yang mendukungnya atau menggunakan drive eksternal terpisah.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp