Mei 21, 2022
Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Bagikan ke

Pernahkah anda memasuki suatu situs website dan memperhatikan bahwa link situs mengandung HTTPS dan bukan HTTP seperti biasanya, mengapa bisa demikian? Berikut akan dijabarkan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS.

Sebenarnya, prinsip kerja HTTP (HyperText Transfer Protocol) dengan HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure) sama saja. Yang membedakan hanya pada aspek pengamanan datanya. Berikut gambaran cara kerja keduanya:

Rangkaian proses kerja protokol diawali dengan pc client yang mengakses domain website, mislakan seorang user interet memasukan url sistemnusantara.com. Permintaan dari PC user ini akan diterima oleh DNS server, dan mengubahnya menjadi alamat IP.

IP yang sudah diterjemahkan DNS, dicari datanya di website host, untuk kemudian di arahkan ke host web server. Mulai dari sini, akan terlihat perbedaan cara kerja HTTP dan HTTPS. Pada protokol HTTP, permintaan data dari client yang masuk ke server akan masuk melalui port 80 dan langsung diteruskan ke PC user.

Sedangakan pada protokol HTTPS, jalur komunikasi menggunakan port 443 sehingga melalui tahap secure connection. Website host akan meminta sertifikat SSL dari PC user. Bila tidak terdeteksi adanya aktivitas hacker / penyalahgunaan jaringan, sertifikat akan diverifikasi yang biasanya dilakukan oleh pihak ketiga.

Jadi kesimpulanya bahwa perbedaan HTTP dan HTTPS adalah lebih kepada tingkat keamananya. Fungsi keamanan ini ditunjukkan oleh huruf S diakhir kata HTTPS yang berarti secure atau aman.

Tujuan utama dikembangkannya HTTPS adalah untuk melindungi segala bentuk komunikasi lintas internet dengan proses enkripsi.

Jadi, privasi client terjamin keamanannya dari pihak ketiga yang mencoba melakukan pencurian saat proses pertukaran data dengan server terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *