Pentingnya Power Supply untuk Komputer

By. Teguh - 09 May 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara - Power supply merupakan komponen perangkat keras atau hardware komputer yang sering disepelekan keberadaannya.

 

Power supply pada komputer adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyuplai tegangan listrik secara langsung komponen atau perangkat keras lainnya yang ada di komputer tersebut. Tegangan yang dihasilkan power supply bisa bermacam-macam, arus listriknya ada yang bertegangan 5 volt hingga 12 volt. 

Baca juga : Sejarah Keyboard : Mengapa QWERTY?

Besaran tegangan arus listrik yang dihasilkan dari power supply juga tergantung pada kebutuhan masing-masing komponen komputer. Biasanya, power supply sudah terintegrasi dengan casing.

 

Input supply ini dapat berupa arus bolak balik (alternating current atau AC), di mana power supply akan mengubah tegangan AC menjadi arus searah (direct current atau DC). Karena hardware komputer hanya bisa beroperasi dengan arus searah.

 

Dengan begitu, maksud dari power supply adalah sebagai alat yang berfungsi mengatur arus listrik untuk komputer, dan membagi arus tersebut ke setiap hardware komputer.

 

Fungsi 
Fungsi power supply pada komputer yaitu untuk menyuplai dan mengatur arus tegangan listrik dari bentuk arus listris AC menjadi arus listrik DC.

 

Power supply komputer berfungsi untuk memberikan arus listrik DC yang dibutuhkan hardward komputer. Power supply juga memiliki beberapa konektor kabel, dimana tiap konektor akan memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Baca juga : Jenis-jenis Monitor Komputer

Cara kerja power supply 

  1. Menekan tombol power yang terdapat pada casing komputer terlebih dahulu
  2. Sebelum membiarkan komputer memulai sistem, maka power supply akan melakukan testing dan pengecekan terlebih dahulu.
  3. Ketika sudah melakukan pengecekan, selanjutnya power supply akan mengirim sinyal khusus ke motherboard (power good).
  4. Nah terakhir komputer siap untuk digunakan

Baca juga : Apa Itu Processor Komputer dan Bagaimana Cara Kerjanya?
 

(sumber ilustrasi gambar : https://www.nesabamedia.com/power-supply-terbaik-2019/) 








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp