RAM Satu Channel VS Dual Channel, Mana Yang Lebih Baik?

By. Hanief Rahardyan - 03 May 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara.com - Pernahkah kadang terpikirkan mana yang lebih baik dalam penggunaan RAM dalam satu channel atau hanya satu keping, atau dibagi dua yaitu dengan dua keeping atau bisa disebut dual channel.

 

RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data sementara saat komputer sedang dijalankan. RAM memungkinkan CPU untuk dengan cepat mengakses data yang dibutuhkan.

 

Baca Juga: Persaingan Antara AMD dan INTEL

 

Ternyata penggunaan RAM dual channel lebih baik dalam penggunaanya dari pada hanya menggunakan satu keeping ram.

 

RAM dual channel dapat memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan satu channel karena dapat meningkatkan kecepatan transfer data.

 

Baca Juga: Motherboard Beserta Fungsinya

 

Pada dual channel, RAM bekerja dengan cara menggunakan dua jalur data yang terpisah dan dapat ditransfer secara bersamaan, sehingga dapat menggandakan lebar pita dan meningkatkan kecepatan transfer data. Sementara itu, pada satu channel, RAM hanya menggunakan satu jalur data, sehingga kecepatan transfer data terbatas.

 

Namun, untuk menggunakan RAM dual channel, motherboard dan prosesor yang digunakan harus mendukung teknologi ini. Jika tidak, maka RAM dual channel tidak akan memberikan peningkatan kinerja yang signifikan.

 

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan RAM dual channel, pastikan motherboard dan prosesor yang digunakan sudah mendukung teknologi untuk penggunaan RAM dual channel.

 

Baca Juga: Apa Itu Processor Komputer dan Bagaimana Cara Kerjanya?








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp