Pengertian Input Device dan Output Device (I/O)

By. Teguh - 03 Apr 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara - Input dalam bahasa indonesia artinya adalah memasukkan atau lebih lengkapnya. Input device dalam komputer merupakan perangkat masukan yang dipasang sesuai dengan port atau jalur masing-masing, berfungsi sebagai media untuk memasukan data dan mentransfer data dari luar (eksternal) menuju mikroprocessor yang berupa signal data atau signal input. Sederhanya input device adalah perangkat untuk memasukkan sebuah perintah atau data yang akan diproses oleh komputer.

 

Baca juga : CPU menjadi Pusat Kontrol dan Otak Komputer!

Sedangkan Output device merupakan kebalikan dari input device, output device adalah perangkat keluaran komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan atau menghasilkan data yang dapat berbentuk gambar, suara, video, dll. sehingga pengguna dapat melihat, mendengar, atau memahami apa hasil perintah yang dikeluarkan oleh komputer. Output device bisa menghasilkan suara, gambar, video maupun teks, tergantung dengan jenis perangkat keluarannya. Fungsi dari output device adalah menerima data dari mikroprocessor CPU komputer berupa tulisan, suara, gambar, video, dll.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh input device dan output device :

 

Input Device
 

  1. Keyboard
    Keyboard atau papan ketik yang berfungsi untuk memasukkan informasi berupa teks, huruf, atau angka dengan cara mengetik. Susunan tombol keyboard yang paling sering digunakan adalah keyboard QWERTY. Keyboard memiliki kunci tombol (key) yang disusun ke dalam beberapa bagian, antara lain: Alphanumeric Key, Cursor Movement Key, Function Key, Modifier Key, dan Numerik Keypad.
     

  2. Mouse
    Mouse memiliki fungsi sebagai alat penunjuk saat mengoperasikan komputer. Mouse tergolong dalam input device karena menerima input dari gerakan, menekan tombol, dan menggulung ke atas bawah (scrolling) untuk memilih teks, icon, atau folder tertentu. Mouse memiliki dua bagian yang bisa di klik dan memiliki fungsi yang berbeda, klik kiri digunakan untuk memilih perintah atau untuk enter. Sedangkan klik kanan memiliki fungsi untuk menampilkan beberapa menu yang dapat dipilih (option).

    Baca juga : Meningkatkan Kinerja Windows dengan Membersihkan File Junk dan Cache
     

  3. Light Pen
    Light pen adalah alat masukan pada layar sentuh yang menggantikan tangan untuk menggambar teknis atau grafis. Light pen memiliki sensor cahaya, dimana ketika ujung pena digoreskan pada layar komputer maka akan mengeluarkan sensor cahaya. Selanjutnya, komputer akan merekam sensor cahaya tersebut sebagai wujud dari masukan data yang perlu diproses.
     

  4. Joystick
    Joystick adalah alat yang digunakan untuk mengontrol dalam sebuah game. Joysitck digunakan sebagai alat penunjuk secara tidak langsung. Joystick juga mengendalikan kursor pada komputer menggunakan gerakan atau tekanan pada tuas (hampir sama seperti mouse).
     

  5. Scanner
    Scanner merupakan perangkat masukan pada komputer yang berfungsi sebagai alat pemindai berfungsi untuk menduplikat sebuah objek tertentu seperti mesin fotokopi. Scanner dilengkapi dengan sensor cahaya yang dapat mendeteksi tulisan atau gambar dari objek yang di scan dan akan dikirim ke komputer dalam bentuk digital.
     

Baca juga : Berkenalan Dengan Array

 

Output Device
 

  1. Monitor
    Monitor atau layar berfungsi untuk mengeluarkan hasil proses data berupa informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Pada layar monitor akan ditampilkan hasil berupa teks, gambar, atau video yang bisa dilihat dan diamati oleh pengguna.
     
  2. Printer
    Printer adalah alat untuk mencetak suatu dokumen. Fungsi printer yang utama adalah untuk menyajikan tulisan atau gambar ke media datar seperti kertas dalam berbagai ukuran media cetak.
     
  3. Speaker
    Speaker digunakan untuk mengeluarkan hasil berupa audio atau suara. Dalam sistem komputer, speaker berfungsi untuk mengubah gelombang listrik menjadi gelombang getaran yang berupa suara/audio.
     
  4. Proyektor
    Proyektor merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan teks, gambar, atau video pada sebuah layar atau dinding. Proyektor biasanya digunakan untuk presentasi, karena dengan proyektor ukuran layar dapat menjadi lebih besar sehingga memudahkan audience untuk melihat dan membacanya.

 

(Sumber ilustrasi gambar : https://tekno.kompas.com/read/2022/10/31/19150067/7-cara-mengatasi-keyboard-laptop-tidak-berfungsi?page=all)








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp