Apa itu Artificial Intelligence (AI)? Penerapan AI dalam Kehidupan Sehari-hari

By. Teguh - 20 Mar 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara - Artificial Intelligence atau biasa disingkat AI merupakan sebuah teori dan kecerdasan buatan dalam pengembangan sistem komputer yang digunakan untuk melakukan tugas dalam kehidupan sehari-hari dimana biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. 

 

Baca juga : Memahami Cara Kerja dan Manfaat Anti Virus

 

Ada banyak penerapan sistem AI di dunia nyata saat ini. Di bawah ini adalah beberapa contoh penerapan AI yang paling umum:

  1. Speech Recognition : Merupakan proses penegenalan suara dan mampu menggunakan pemrosesan bahasa alami atau Natural Language Processing (NLP) untuk memproses ucapan manusia ke dalam format tertulis. Banyak perangkat seluler memasukkan pengenalan suara ke dalam sistem mereka untuk melakukan pencarian atau tugas tertentu dengan menggunakan suara seperti Siri dan Google Assistant. Metode pengenalan suara ini juga dikenal sebagai Automatic Speech Recognition (ASR), Computer Speech Recognition, atau Speech-to-Text.
     
  2. Customer Service : Sebuah agen virtual online yang dapat menggantikan agen manusia dalam proses transaksi dan tanya jawab. Mereka mampu menjawab pertanyaan umum (FAQ) seputar topik, seperti pengiriman, atau memberikan saran yang dipersonalisasi, menyarankan penjualan produk atau menyarankan ukuran untuk pengguna, mengubah cara berpikir kami tentang keterlibatan pelanggan di seluruh situs web dan platform media sosial. Contohnya termasuk bot perpesanan di situs e-commerce dengan agen virtual, aplikasi perpesanan, seperti Slack dan Facebook Messenger, dan tugas yang biasanya dilakukan oleh asisten virtual dan asisten suara.

    Baca juga : Spyware: Pengertian, Ciri, dan Cara Mengatasinya
     
  3. Computer Vision : Teknologi AI ini memungkinkan komputer dan sistem memperoleh informasi yang berasal dari gambar digital, video, dan input visual lainnya. Lalu berdasarkan input tersebut, akan diolah dan dijadikan sebagai data untuk mengambil langkah, tindakan, atau suatu tujuan tertentu. Kemampuan untuk memberikan rekomendasi ini membedakannya dari tugas pengenalan gambar. Didukung oleh jaringan saraf convolutional, visi komputer mampu berkembang seperti pada aplikasi untuk penandaan foto di media sosial, pencitraan radiologi dalam perawatan kesehatan, pengenalan wajah untuk keamanan,dan mobil self-driving dalam industri otomotif.
     
  4. Recommendation Engines : Dalam bahasa indonesia disebut dengan mesin rekomendasi. Mesin rekomendasi ini bekerja dengan menggunakan data perilaku konsumsi masa lalu (track records) untuk memberikan rekomendasi yang disenangi atau sedang dicari oleh pengguna. Algoritma AI dapat membantu menemukan tren data yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi penjualan yang lebih efektif. Ini digunakan untuk membuat rekomendasi iklan yang relevan kepada pelanggan selama proses pembayaran untuk penjualan secara online.
     
  5. Automated Stock Trading : Automated Stock Trading atau Perdagangan saham otomatis, dirancang untuk mengoptimalkan sebuah portofolio saham. Platform perdagangan saham dengan frekuensi tinggi yang digerakkan oleh AI dapat menghasilkan ribuan atau bahkan jutaan perdagangan per-hari tanpa campur tangan manusia (otomatis).

 

Baca juga : Adware: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengatasinya

 

Demikian contoh penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari, sampai jumpa di artikel atau tips berikutnya... :)








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp