Spyware: Pengertian, Ciri, dan Cara Mengatasinya

By. Danan - 13 Feb 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara.com - Spyware adalah software yang diinstal secara diam-diam oleh hacker dan digunakan untuk memantau perilaku online korban.  Spyware diklasifikasikan sebagai salah satu jenis malware yang dirancang untuk mengakses dan merusak komputer Anda.

Seperti yang dijelaskan dalam pengertian spyware, software jahat ini dapat memonitor aktivitas internet korban mulai dari kebiasaan berselancar di internet, melacak login dan kata sandi, merekam tombol yang ditekan user, sampai memata-matai informasi sensitif yang dimiliki secara online.     

Baca juga: Apa itu LINUX? Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Spyware merupakan salah satu ancaman paling umum di internet. Spyware akan menginfeksi sistem dengan cara yang sama seperti jenis malware yang lain. Mereka dapat menyebar karena adanya kerentanan keamanan di dalam sistem, pemasaran software palsu, email phishing, serta metode social engineering yang lain. Jadi, serangan spyware tidak hanya memanfaatkan sistem keamanan Anda yang lemah namun juga kelemahan manusia yang tidak berhati-hati ketika berada di dunia cyber Agar lebih mudah dalam memahami pengertian spyware, berikut beberapa jenis spyware paling umum. Biasanya, spyware memiliki pengaruh yang berbeda-beda tergantung dari niat pembuatnya.

1. Keyloggers

Keylogger juga dikenal sebagai monitor sistem. Keyloggers dirancang untuk merekam aktivitas komputer Anda, seperti merekam tombol yang ditekan oleh user, riwayat pencarian, bahkan sampai ke aktivitas email

2. Password Stealers

Sesuai dengan namanya, password stealers dapat mengumpulkan kata sandi dari komputer yang terinfeksi. Jenis-jenis kata sandi yang dikumpulkan dapat mencakup kredensial yang disimpan di web browser

3. Banking Trojan

Banking trojan memanfaatkan kerentanan keamanan browser untuk memperoleh kredensial dari lembaga keuangan. Ketika sistem terinfeksi, software ini dapat memodifikasi halaman website, transaksi, atau menyisipkan transaksi tambahan.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Sistem Operasi

Ada beberapa ciri ciri ketika komputer terinfeksi oleh spyware, diantaranya:

1. komputer terasa lemot

2. selalu muncul iklan pop up

3. settingan berubah pada browser

4. terdapat aplikasi yang terinstal secara sendirinya

Tidak perlu khawatir akan adanya software spyware ini, dikarenakan ada beberapa cara untuk mengatasi spyware yg akan menyerang komputer dan yang pertama harus pasang antivirus pada komputer.

Kedua selalu update antivirus temen temen ke versi yang terbaru. Dan yang terakhir dengan cara hapus penyimpanan cookie dengan cara tekan tombol kombinasi CTRL+SHIFT+DELETE kemudia clear data.

Baca juga: Pengertian Windows: Sejarah dan Fungsinya



    Tags :





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp